SEKILAS INFO
19-10-2019
  • 2 bulan yang lalu / Dirgahayu Republik Indonesia ke 74 | SMK Yadika 5 Pondok Aren
  • 3 bulan yang lalu / Sukseskan MPLS 2019/2020 melalui pembekalan pendidikan karakter dan pendekatan program vokasi industri
  • 3 bulan yang lalu / Mari Kita Sukseskan Program Kerja Tahun Pelajaran 2019/2020 melalui Pengenalan Program Guru hebat pada Kegiatan In House Training(IHT) | 10 – 13 Juli 2019
20
Jul 2019
Tata Tertib Sekolah

TATA TERTIB PESERTA DIDIK SMK YADIKA 5 PONDOK AREN TAHUN PELAJARAN 2019/2020

 

 

 

 

 

 

 

 

BAB I

KETENTUAN UMUM

Pasal 1

PENGERTIAN

 

Tata tertib dan tata krama peserta didik SMK Yadika 5 Pondok Aren ini dibuat berdasarkan nilai-nilai yang dianut sekolah dan masyarakat sekitar, yang meliputi: nilai ketaqwaan, sopan santun, pergaulan, kedisiplinan, ketertiban, kebersihan, kesehatan, kerapihan, keamanan, kekeluargaan, dan nilai-nilai yang mendukung kegiatan pembelajaran yang efektif. Setiap peserta didik wajib melaksanakan ketentuan yang tercantum dalam tata tertib ini secara konsekuen dan penuh kesadaran.

Tata tertib peserta didik SMK Yadika 5 Pondok Aren sebagai rambu-rambu bagi peserta didik dalam bersikap, bertindak dan melaksanakan kegiatan sehari-hari di sekolah dalam rangka menciptakan iklim dan budaya sekolah yang dapat menunjang kegiatan pembelajaran yang efektif.

Tata tertib peserta didik SMK Yadika 5 Pondok Aren adalah peraturan-peraturan yang telah ditetapkan oleh sekolah yang harus ditaati dan dilaksanakan oleh seluruh peserta didik SMK Yadika 5 Pondok Aren. Penilaian yang dilakukan oleh sekolah terhadap peserta didik meliputi: sikap, pengetahuan, dan keterampilan peserta didik.

Dalam Peraturan ini yang dimaksud dengan:

  1. Sekolah adalah Sekolah Menengah Kejuruan(SMK) Yadika 5 Pondok Aren yang beralamat di Jalan Jurangmangu Barat Raya No. 25A Pondok Aren, Tangerang Selatan, Banten.
  2. Tim Ketertiban adalah tim yang beranggotakan Wakil Kepala Sekolah Urusan Kesiswaan, Pembina Osis, Guru BP/BK, Wali Kelas, dan guru yang mempunyai tugas, tanggung jawab, wewenang dan hak secara penuh untuk menegakkan tata tertib peserta didik (guru piket).
  3. Guru BK adalah guru yang mempunyai tugas, tanggung jawab, wewenang dan hak secara penuh dalam kegiatan bimbingan, penyuluhan dan konseling terhadap peserta didik.
  4. Guru Piket adalah guru yang mempunyai tugas, wewenang dan tanggung jawab untuk menjaga, memantau dan memastikan kelancaran pelaksanaan Kegiatan Pembelajaran di SMK YADIKA 5
  5. Wali Kelas adalah guru yang mempunyai tugas, tanggung jawab, dan wewenang untuk membina peserta didik dalam satu kelas.
  6. Peserta Didik adalah siswa-siswi yang terdaftar secara administratif di SMK Yadika 5 Pondok Aren.
  7. Sanksi adalah hukuman yang diberikan kepada peserta didik yang melakukan pelanggaran terhadap tata tertib sekolah.
  8. Sanksi langsung adalah sanksi yang diberikan pada saat terjadi pelanggaran,berupa tugas yang bersifat edukatif.
  9. Kegiatan Pembelajaran adalah proses berlangsungnya interaksi peserta didik, guru, dan sumber belajar pada jam tatap muka baik di dalam maupun di luar kelas.
  10. Waktu Istirahat adalah waktu diberhentikannya kegiatan pembelajaran untuk sementara, dengan ketentuan yang telah ditentukan oleh sekolah untuk beristirahat dan penyegaran pikiran.
  11. Pakaian Seragam adalah pakaian yang wajib dipakai peserta didik selama mengikuti Kegiatan Pembelajaran baik dilaksanakan di sekolah maupun di lokasi lain sesuai dengan hari yang telah ditentukan sekolah.
  12. Atribut adalah kelengkapan identitas peserta didik yang harus dipakai oleh semua peserta didik yang telah ditentukan oleh sekolah.

.

BAB II

KEGIATAN BELAJAR MENGAJAR

Pasal 2

KEHADIRAN PESERTA DIDIK

 

  1. Waktu masuk sekolah jam 07.00 WIB.
  2. Peserta didik harus hadir di sekolah paling lambat 10 (sepuluh) menit sebelum jam pelajaran dimulai.
  3. Pintu gerbang (piket) SMK ditutup jam 07.05 WIB.
  4. Peserta didik yang terlambat hadir tidak diperkenankan masuk kelas kecuali dengan izin guru piket dengan ketentuan :
    1. Wali murid (orangtua siswa) mengkonfirmasi langsung sesuai izin kepada wali kelas / petugas piket, dan atau;
    2. Setelah mengikuti pembinaan secara khusus berupa penugasan-penugasan yang edukatif dari petugas piket selama satu jam pelajaran.
  5. Selama pelajaran berlangsung peserta didik tidak diperbolehkan keluar kelas atau sekolah. Izin keluar kelas/sekolah diberikan oleh guru yang sedang mengajar dan guru piket dengan sepengetahuan kepala sekolah karena hal-hal sebagai berikut :
    1. Ada keperluan mendesak atau darurat.
    2. Ada permohonan tertulis dari orangtua/wali peserta didik.
    3. Ada rekomendasi dari kepala sekolah untuk kegiatan atas nama sekolah.
    4. Ada keperluan/musibah keluarga dan guru piket melakukan konfirmasi ke pihak keluarga.
    5. Dijemput oleh orangtua/wali Peserta Didik karena suatu keperluan darurat.
  6. Pada waktu pergantian jam pelajaran, peserta didik harus tetap berada di ruang kelas dan menunggu guru berikutnya masuk.
  7. Apabila hingga 5 menit dari jadwal, guru berhalangan masuk kelas, ketua kelas melapor kepada guru piket untuk mendapatkan tugas/guru pengganti.
  8. Selambat-lambatnya 60 menit setelah jam pelajaran berakhir, peserta didik sudah meninggalkan sekolah. Kecuali ada kegiatan lain yang diatur oleh manajemen sekolah.
  9. Pada hari libur atau di luar hari belajar, peserta didik yang akan melakukan kegiatan di sekolah atau di luar sekolah, harus mendapatkan izin tertulis terlebih dahulu dari manajemen sekolah.

 

Pasal 3

ABSENSI PESERTA DIDIK

  1. Bagi peserta didik yang tidak hadir di sekolah, maka pada hari pertama masuk kembali, harus menyerahkan surat atau bukti dari orangtua/wali murid kepada wali kelas.
  2. Apabila ketidakhadiran tersebut karena sakit dan lebih dari 3 hari, harus ada surat keterangan dokter dan ada pemberitahuan langsung orangtua/wali murid kepada wali kelas atau guru piket.
  3. Apabila peserta didik, karena sesuatu hal yang direncanakan akan tidak masuk sekolah, maka orangtua/wali harus mengajukan surat permohonan izin kepada kepala sekolah.
  4. Kehadiran peserta didik di sekolah sekurang-kurangnya 90% dari hari efektif sekolah.

 

Pasal 4

PROSEDUR PERIZINAN MENINGGALKAN SEKOLAH

 

  1. Peserta didik yang terpaksa harus meninggalkan sekolah pada jam pelajaran tengah berlangsung harus mendapatkan izin tertulis dari guru mata pelajaran yang bersangkutan, wali kelas/guru BK, dan guru piket.
  2. Peserta didik yang terpaksa harus meninggalkan sekolah pada jam pelajaran tengah berlangsung dengan alasan untuk kegiatan OSIS/ekstrakurikuler harus mendapat izin dari guru mata pelajaran yang bersangkutan dan Pembina OSIS peserta didik yang terpaksa harus meninggalkan sekolah dengan alasan keperluan keluarga dan sebagainya, maka harus menunjukkan surat tertulis dari orangtua dan mendapat izin dari guru piket, guru mata pelajaran dan diketahui oleh Kepala Sekolah.

 

Pasal 5

PELAKSANAAN UPACARA

 

  1. Setiap peserta didik harus mengikuti kegiatan Upacara Bendera dan Upacara Peringatan Hari-hari Besar Lainnya
  2. Pelaksanaan kegiatan upacara bendera rutin diadakan setiap hari Senin.

 

BAB III

KERAPIHAN PESERTA DIDIK

Pasal 6

ATURAN BERPAKAIAN

 

  1. Hari Senin : Kemeja putih, berlogo OSIS lengkap, berdasi, celana/rok abu-abu, ikat pinggang hitam, sepatu hitam (dominan warna hitam) dan bertali hitam, kaos kaki putih polos 10cm di atas mata kaki untuk putera, dan 5cm di bawah lutut bagi peserta didik perempuan yang tidak memakai jilbab/kerudung.
  2. Hari Selasa :Kemeja putih, berlogo OSIS lengkap, berdasi kotak-kotak identitas sekolah, dan rok kotak-kotak identitas sekolah bagi peserta didik perempuan, kemeja kotak-kotak identitas sekolah, dan celana putih bagi peserta didik laki-laki, ikat pinggang hitam, sepatu hitam (dominan warna hitam), dan bertali hitam, kaos kaki putih polos minimal10cm di atas mata kaki, dan 5cm di bawah lutut bagi peserta didik perempuan yang tidak memakai jilbab/kerudung.
  3. Hari Rabu :Seragam Pramuka Penegak lengkap dengan celana berkantong di samping kiri dan kanan, beratribut, berkacu, ikat pinggang hitam berlogo OSIS, sepatu hitam (dominan warna hitam) dan bertali hitam, kaos kaki hitam minimal 10 cm di atas mata kaki.
  4. Hari Kamis :Kemeja putih, berlogo OSIS lengkap, berdasi hitam, jaket almamater biru, celana/rok hitam, ikat pinggang hitam berlogo OSIS, sepatu hitam (dominan warna hitam) dan bertali hitam, kaos kaki putih polos minimal 10 cm di atas mata kaki, dan 5 cm di bawah lutut bagi peserta didik perempuan yang tidak memakai jilbab/kerudung.
  5. Hari Jumat :Kemeja putih, berlogo OSIS lengkap, berdasi kotak-kotak identitas sekolah, rok kotak-kotak identitas sekolah bagi peserta didik perempuan, kemeja kotak-kotak identitas sekolah, dan celana putih bagi peserta didik laki-laki, ikat pinggang hitam berlogo OSIS, sepatu hitam (dominan warna hitam), dan bertali hitam, kaos kaki putih polos minimal 10cm di atas mata kaki, dan 5cm di bawah lutut bagi peserta didik perempuan yang tidak memakai jilbab/kerudung.
  6. Bagi peserta didik perempuan yang memakai jilbab/kerudung wajib menggunakan dalaman kerudung (ciput putih) dan jilbab berbentuk segi empat, kecuali hari rabu memakai dalaman kerudung (ciput coklat).

 

Pasal 7

PELAKSANAAN UPACARA

Model rambut peserta didik ditentukan sekolah adalah sebagai berikut:

  1. Rambut peserta didik putra harus pendek dan rapi, tidak diperbolehkan panjang menyentuh kerah kemeja dan/atau daun telinga atau menutupi alis mata dan warna rambut sesuai dengan aslinya.
  2. Rambut peserta didik putri ditata dengan rapih, tidak mengganggu aktivitas pembelajaran dan warna rambut sesuai aslinya.

 

BAB IV

HAK DAN KEWAJIBAN

Pasal 8

HAK-HAK PESERTA DIDIK

  1. Peserta Didik berhak mendapatkan pendidikan, pengajaran dan bimbingan sesuai dengan ketentuan yang berlaku,
  2. Peserta didik berhak mendapatkan pelayanan pembelajaran kurikuler, intrakurikuler dan ekstrakurikuler dari sekolah.
  3. Peserta didik berhak mempergunakan fasilitas sekolah untuk kegiatan pembelajaran Kurikuler, Intrakurikuler dan Ekstrakurikuler setelah memenuhi persyaratan atau ketentuan yang ditetapkan dalam hal penggunaan fasilitas sekolah.
  4. Peserta didik yang berprestasi dalam kegiatan LKS, FLS, O2S, OSN, dan Pentas PAI serta kegiatan yang mengharumkan nama sekolah mulai dari tingkat Provinsi Banten sampai dengan tingkat International mendapatkan penghargaan yang layak sesuai dengan aturan yang berlaku.
  5. Peserta didik berhak mendapatkan perlakuan yang sama dan proporsional dalam mendapatkan pelayanan standar dari SMK YADIKA 5 Pondok Aren.

 

Pasal 9

KEWAJIBAN PESERTA DIDIK

  1. Hadir di sekolah 10 menit sebelum bel dibunyikan (bel dibunyikan jam 07.00 dan pintu gerbang SMK ditutup jam 07.05), peserta didik yang terlambat akan diberikan pembinaan di tempat khusus dan atau guru piket memberi hukuman yang edukatif (mengerjakan tugas dari guru piket), kemudian diperbolehkan mengikuti pelajaran jam berikutnya disertai surat izin masuk dari guru piket.
  2. Seluruh kegiatan sekolah berakhir pada pukul 17.15 WIB.
  3. Peserta didik yang pulang lebih awal atau melaksanakan tugas sekolah harus mendapatkan izin guru pengajar dan piket diketahui Kepala Sekolah.
  4. Mengikuti upacara setiap hari Senin dan hari-hari besar nasional, dengan memakai pakaian seragam yang sudah ditentukan.
  5. Peserta didik harus mengikuti setiap kegiatan keagamaan yang diadakan oleh sekolah.
  6. Kehadiran peserta didik saat tatap muka pembelajaran minimal 90% penilaian tengah semester, penilaian akhir semester.
  7. Peserta didik wajib mengerjakan tugas dari guru di dalam kelas, bila guru berhalangan hadir.
  8. Berperilaku sopan (hormat kepada orangtua, guru, karyawan dan sesama peserta didik) di sekolah dan di luar sekolah serta menjaga nama baik sekolah/tidak mencemarkan nama baik teman, guru.
  9. Melaksanakan 7K (Keamanan, Ketertiban, Kenyamanan, Keindahan, Kebersihan, Kerindangan dan Kekeluargaan).
  10. Memelihara keutuhan buku yang dipinjam dan menggantikan dengan buku yang sama jika hilang atau rusak.
  11. Berperan aktif membantu kegiatan OSIS dan bersedia menjadi pengurus bagi yang t
  12. Pengurus OSIS menjadi contoh teladan bagi peserta didik lainnya, serta berperan aktif dalam segala kegiatan sekolah.
  13. Mengikuti ekskul wajib Pramuka bagi kelas X dan XI dan memilih minimal satu ekskul lainnya yang ada dan diminati serta bertanggung jawab dengan ekskul yang Sedangkan kelas XII hanya di semester Ganjil.
  14. Peserta didik berkewajiban mentaati peraturan yang berlaku dan diakui oleh masyarakat sekolah
  15. Ketidakhadiran peserta didik harus dibuktikan dengan surat keterangan dari orangtua/dokter untuk disampaikan kepada wali kelas atau dengan memberi kabar/menelpon pihak sekolah (wali kelas) terlebih
  16. Berpakaian seragam saat mengurus keperluan di sekolah
  17. Menyimpan/menjaga barang-barang berharga milik pribadi (laptop, perhiasan, dll).
  18. Peserta didik wajib mengikuti kegiatan pembelajaran dan menjaga ketertiban.
  19. Peserta didik akan dikenakan sanksi, ditegur dan dicatat oleh guru mata pelajaran jika:
  20. Tidak tertib dalam mengikuti pembelajaran
  21. Meninggalkan kelas tanpa izin
  22. Tidak membawa perlengkapan belajar
  23. Makan dan minum di kelas pada saat kegiatan pembelajaran
  24. Membawa HP di dalam kelas, kecuali seizin guru mata pelajaran.
  25. Peserta Didik wajib menjaga nama baik sekolah.
  26. Peserta didik yang muslim diwajibkan mengikuti Sholat Dzuhur berjamaah, peserta didik non muslim diwajibkan mengikuti bimbingan rohani berdasarkan agamanya masing-masing.
  27. Setiap hari Jum’at peserta didik muslim diwajibkan mengikuti BTQ (Baca Tulis Al-Qur’an) untuk kelas X, dan bagi seluruh peserta didik laki-laki muslim wajib mengikuti shalat Jum’at sedangkan bagi peserta didik non muslim diwajibkan mengikuti bimbingan rohani berdasarkan agamanya masing-masing.

 

BAB V

LARANGAN BAGI PESERTA DIDIK

Pasal 10

KETENTUAN LARANGAN

Peserta didik dilarang melakukan hal-hal sebagai berikut :

  1. Bergaul bebas dengan lawan jenis yang tidak sesuai dengan etika sopan santun serta aturan agama dan keyakinan peserta didik.
  2. Membawa obat-obatan/minuman terlarang.
  3. Memakai perhiasan yang berlebihan.
  4. Memakai/menggunakan make up, lipstik, cat kuku dan mewarnai rambut selain warna hitam, memiliki potongan rambut yang aneh dan mengundang perhatian peserta didik lainnya.
  5. Berkumis, berjambang atau berjenggot, memakai gelang, anting (khusus peserta didik pria).
  6. Membuat atau memakai baju jaket selain jaket resmi sekolah.
  7. Membawa senjata tajam, pisau , pistol, bahan peledak, (membunyikan petasan) dan lain lain yang memungkinkan untuk membahayakan diri sendiri dan orang lain.
  8. Pinjam- meminjam barang barang berharga.
  9. Mencuri atau merugikan orang lain dengan sengaja .
  10. Berkelahi/menghasut/mengitimidasi peserta didik lainnya di lingkungan sekolah atau di luar sekolah
  11. Menerima tamu pada saat jam pelajaran berlangsung tanpa seizin guru piket
  12. Berolah raga saat jam belajar kecuali pelajaran olah raga .
  13. Memakai sendal atau sepatu diinjak pada bagian belakangnya .
  14. Tidak menggunakan kaos dalam selain warna putih kecuali hari rabu.
  15. Berada di kantin saat kegiatan pembelajaran atau pergantian jam pelajaran.
  16. Mencoret atau merusak peralatan pembelajaran sekolah (tembok, AC, LCD, dan merusak fasilitas sekolah lainnya)
  17. Berkerumun dan berada di luar lingkungan sekolah sebelum jam pelajaran dimulai, pada jam istirahat, atau pulang sekolah.
  18. Membuang sampah sembarangan.
  19. Membentuk organisasi serta kegiatan di dalam atau di luar sekolah dengan menggunakan nama SMK Yadika 5 Pondok Aren tanpa seizin kepala sekolah.
  20. Merokok, melompat pagar, atau melakukan tindak kekerasan dan sejenisnya.
  21. Membawa, menyimpan VCD, HP dan buku-buku porno.
  22. Bersikap tidak sopan terhadap orangtua, guru, karyawan dan sesama peserta didik.
  23. Membawa HP ke dalam kelas tanpa izin guru mata pelajaran.

 

BAB VI

LARANGAN BAGI PESERTA DIDIK

Pasal 11

KETENTUAN LARANGAN

  1. Peringatan secara lisan dan penindakan secara langsung bagi siswa yang melanggar tata tertib yang bersifat kategori ringan yaitu peringatan secara tertulis berupa :
    • Surat perjanjian peserta didik
    • Surat pernyataan/janji peserta didik yang diketahui oleh wali kelas
    • Surat pernyataan/janji peserta didik yang diketahui oleh orangtua/wali peserta didik
    • Peringatan tertulis untuk sebuah pelanggaran diberlakukan sebanyak-banyaknya 3 kali dan selebihnya dilakukan tahapan pemanggilan orangtua/wali peserta didik.
  2. Pemanggilan orangtua/wali Peserta Didik

Diberlakukan bagi peserta didik yang melanggar tata tertib yang bersifat pembinaan bersama apabila telah melakukan tahap peringatan secara lisan dan penindakan secara langsung dan juga peringatan secara tertulis

  1. Skorsing

Skorsing diberlakukan bagi peserta didik yang melanggar tata tertib yang bersifat peringatan keras dan telah melalui tahap pembinaan secara lisan dan penindakan secara langsung,  peringatan secara tertulis dan pemanggilan orangtua/wali

  1. Dikembalikan kepada orangtua/wali

Diberlakukan bagi peserta didik yang melanggar tata tertib yang bersifat kategori berat :

  • Telah melalui tahap pembinaan secara lisan dan penindakan secara langsung, peringatan secara tertulis, pemanggilan orangtua/wali dan skorsing
  • Menjalani proses hukum tindak pidana oleh pihak kepolisian
  1. Dikeluarkan dari sekolah dengan tidak hormat

Diberlakukan bagi peserta didik yang melanggar tata tertib yang bersifat kategori amat sangat berat :

  • Telah melalui tahap pembinaan secara lisan dan penindakan secara langsung, peringatan secara tertulis, pemanggilan orangtua/wali dan skorsing
  • Menikah dan atau hamil
  • Bergaul bebas dengan lawan jenis yang tidak sesuai dengan etika sopan santun serta aturan agama dan keyakinan peserta didik.
  • Melakukan penghasutan atau sejenisnya yang bersifat SARA
  • Berbuat onar dan mengganggu stabilitas sekolah
  • Membawa/mengkonsumsi/mengedarkan obat-obat terlarang (narkoba) maupun minuman keras, baik di sekolah maupun di luar sekolah

 

BAB VII

KETENTUAN KHUSUS

Pasal 12

  1. Hal hal yang belum diatur dalam peraturan tata tertib ini akan diatur dan ditetapkan kemudian melalui pembahasan dan kesepakatan antara Kepala Sekolah, Wakasek Kesiswaan, Pembina Osis, Guru BK, dan Guru lainnya yang ditunjuk.
  2. Penambahan peraturan sebagaimana yang dimaksud pada pasal 12 ayat 1 tersebut di atas akan menjadi satu kesatuan dan bagian tak terpisahkan dengan peraturan tata tertib SMK Yadika 5 Pondok Aren.
  3. Peraturan tata tertib ini akan ditinjau kembali untuk diadakan penyesuaian dan perbaikan pada setiap awal tahun pelajaran.
  4. Peraturan tata tertib ini berlaku sejak tanggal ditetapkan oleh Kepala SMK Yadika 5 Pondok Aren Ditetapkan di Tangerang Selatan pada tanggal 10 Juli 2019 oleh Kepala SMK Yadika 5 Pondok Aren.

 

Agenda

Pengumuman

Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah

Basket Putera

Selamat Kepada Ananda Miya Aulia

Data Sekolah

SMK Yadika 5

NPSN : 347446868

Jl. Pendidikan No.25, Jurang Mangu Barat, Pd. Aren, Kota Tangerang Selatan, Banten 15223
KEC. Pondok Aren
KOTA. Tangerang Selatan
PROV. Banten
KODE POS 15223

Hay...
Kami Siap Membantu Pelayanan Penerimaan Siswa baru, Silahkan Tanya kami untuk membantu proses pendaftaran...

Tanya Kami diWhatsApp