Kamis, 23 Sep 2021
  • SMK Yadika 5 Menerima Siswa Baru Tahun Pelajaran 2021/2022 Pendaftaran Online Melalui Layanan PSB Yadika

Sekolah modern untuk pelajar yang mandiri

MPLS (Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah), Merupakan awal perkenalan sekolah yang diisi dengan beragam kegiatan sekolah, mulai dari perkenalan staf Pengajar(Guru), Administrasi(Tata Usaha), dan Juga Kaka Pengurus Osis. Kegiatan MPLS ini diselenggarakan selama 3 hari di SMK Yadika 5 dengan uraiaan agenda kegiatan sebagai berikut:

Hari Pertama

Hari pertama, dimulai dengan upacara pembukaan habis itu kita dibagi gugus. Nah aku kebagian gugus 5. Setelah itu kita masuk Aula untuk kegiatan selanjutnya yaitu materi tentang “Kebijakan Dinas Pendidikan Provinsi tentang Membangun Peserta Didik yang Berkarakter”, yang disampaikan oleh Bapak Kepala Sekolah. Disitu dijelaskan betapa pentingnya membangun karakter bagi kita semua selaku peserta didik.
Habis itu ada istirahat sebentar sekitaran setengah jam, kita masuk ke gugus masing-masing, di gugus kita saling berkenalan gitu, satu persatu memperkenalkan diri. Di gugus juga kita disuruh buat yelyel oleh pembimbing gugus, disamping itu kita juga disuruh ngapalin yelyel MPLS. Beres istirahat, kita kembali ke Aula untuk kegiatan selanjutnya yaitu materi tentang “Sekolah Ramah Anak” yang disampaikan oleh salah satu Guru di SMK. Dijelaskan bahwa sekolah ramah anak itu melarang kekerasan, itu aja sih yang menurut aku penting. Sehabis itu kita kembali ke gugus masing-masing untuk melaksanakan ISHOMA (Istirahat, Sholat, Makan).Setelah selesai, balik lagi ke gugus dan pulang.

Hari Kedua

Hari kedua, Dilanjutkan dengan materi, seperti biasa di Aula, yaitu materi tentang “Pengenalan Kurikulum” disampaikan oleh salah satu Guru SMK. Dijelaskan bahwa SMK aku itu pake kurikulum 2013 alias Kurtilas. Habis itu biasa istirahat sebentar di gugus masing-masing. Nah sewaktu di gugus, kita di kasih tau katanya bakal ada Komdis ke gugus kita, sontak semua orang lansung tegang. Sedikit tentang Komdis (Komisi Disiplin), anggotanya 4 orang, 3 cowo 1 cewe, semua galak-galak/tegas-tegas, mukanya selalu kaya lagi marah, biasanya ada  buat orang-orang yang gak/kurang disiplin. Contohnya yang telat ke Sekolah, dan lain-lain itu bakal ada sangsi dari Komdis. Kata pembimbing sih, makin terakhir makin tegas. Kan MPLS itu 3 hari, nah misalnya hari pertama itu tegas, hari ke 2 main tegas, hari ke 3 makin tegas lagi. Nah ini kan udah hari kedua dan komdis belum masuk gugus kita, jadi makin tegang.
Istirahat selesai, kita masuk lagi ke Aula untuk materi tentang “Keluarga Sadar Hukum” disampaikan oleh Guru juga selaku Wakasek Kesiswaan. Ya udah tau lah ya isi materi nya bakal kayak gimana, jadi gausah aku jelasin lagi. Materi selesai lalu kita balik ke gugus dan ISHOMA. Abis sholat, kita ngobrol-ngobrol lagi sama pembimbing gugus kalu ada komdis itu harus ini ini ini, kita juga ngobrol-ngobrol lagi tentang yelyel gugus, di istirahat ini komdis belum masuk juga. Istirahat selesai, komdis tiba-tiba dateng, satu Aula terdiam njirrr. Semua pada tegang, yang terlambat dan yang ngelanggar  aturan dikedepankan, lalu diomongin anu anu anu. Sehabis komdis keluar Aula baru kita dibubarkan.

Hari Ketiga

Hari ketiga, Seperti biasa lagi, dilanjutkan dengan materi di Aula, kali ini materi tentang “Budaya Literasi” disampaikan sama salah satu Guru di SMA. Nah isinya ya tentang literasi, kita diajarakan betapa pentingnya berliterasi, baik itu membaca, menulis, dan lain-lain.  Sehabis itu, seperti biasa, istirahat sejenak di gugus masing-masing. Istirahat bukannya santai-santai, malah pada tegang karna ini hari ke 3 dan Komdis masih juga belum ke gugus kita nih. Seperti biasa lah kita ngobrol-ngobrol di kelas sama kakak-kakak pembimbing juga sama temen-temen segugus. Istirahat ini komdis belum juga dateng. Nah dilanjutin lagi materi di Aula, yang judulnya “Pengenalan Kegiatan Ekstrakulikuler” disampaikan oleh Wakasek Kesiswaan. Nah dijelaskan bahwa kita itu harus mengikuti minimal satu ekstrakulikuler. Materi seleasai dilanjut istirahat ISHOMA. Nah sewaktu aku udah di gugus nih, kita sempet ngobrol sama kaka pembimbing, katanya istirahat ini bener-bener komdis mau masuk kelas. Tapi karena di kelas belum hadir semua, jadi komdis masuk kelas sebelah dulu. Gak lama kemudian, setelah semua masuk gugus, komdis masuk, tapi cuman seorang sih. Pas komdis masuk, ketua gugus langsung pimpin berisalam. Disitu kita ditanya udah hapal belum janji siwa, yelyel, dan lain-lain. Semua menjawab sudah, langsung di tes perorang.
Terakhir kita semua juga di tes nyanyiin yelyel bareng-bareng, dipimpin sama ketua gugus. Semua berjalan lancar, walau ada yang agak salah sedikit sih. Habis itu komdis keluar, kita langsung ke Aula untuk materi selanjutnya karena waktu istirahat dah beres. Materinya itu tentang “Pengenalan Lingkungan Sekolah” disampaikan sama Guru SMK. Waktu baru setengahnya, tapi materi sudah beres dan guru penyampai materi juga udah keluar niggalin Aula. Mengisi waktu luang, kita nontong bareng cuplikan semasa MPLS ini. Nah di video itu ada pesan dan kesan buat kaka-kaka komdis dari setiap ketua gugus, isinya lumayan lucu-lucu. Beres nonton video, komdis tiba-tiba dateng ke Aula, kali ini yang dateng semuanya. Semua ketua gugus disusruh baris didepan, ditanya kenapa cengengesan, ditanya kenapa nertawain komdis, trus komdis tiba-tiba ninggalin Aula. Kata kakak MC dan kakak-kakak pembimbing lainnya katanya biasanya komdis gak gitu, baru kali ini katanya komdis bener-bener marah. Kita semua panik sekaligus tegang, trus ketua gugus semua yang baris di depan disuruh cariin komdis, disuruh minta maaf ke komdis. Komdis udah ketemu dan balik lagi ke Aula sama ketua-ketua gugus, kita semua ditanya sama komdis “mau apa dari komdis?”, kebanyakan sih jawab minta maaf, nah tapi ada yang jawab minta senyum, terus salah satu komdis senyum “lucu?” kata komdis yang senyum itu.
Beberapa saat kemudian semua komdis senyum dan semua peserta MPLS tepuk tangan. Eh ternyata selama ini cuman akting, akhirnya komdis minta maaf karna udah nyuruh-nyuruh ngapalin janji siswa, yelyel, dan lain-lain yang segitu banyaknya. Udah itu kita semua nonton bareng tentang Profil OSIS SMK kita ini. Didalem videonya ada kakak komdis yang lagi jelasin tentang struktur organisasi OSIS, pas diliat tenyata mukanya biasa aja gak kaya yang lagi ngambek. Sehabis video selesai, katanya dari seluruh panitia mau ada persembahan buat kita semua peserta MPLS. Di persembahan itu semua panitia nyanyiin sekaligus sambil joget yelyel MPLS. Heboh banget sih karena pake musik juga, karna selama ini kita latihan yelyel gapake musik jadi agak kurang gitu. Beres yelyel, katanya mau sekali lagi, tapi kali ini kita semua bareng yelyelnya, wah satu Aula heboh banget. Habis itu, kita duduk lagi, ada sedikit pengarahan dari Wakasek Kesiswaa buat kegiatan MPK buat hari besoknya. Ya habis itu kita balik ke gugus masing-masing dan pulang.

Post Terkait

Rapid Test Covid-19
29 Mei 2020

Rapid Test Covid-19

KELUAR